Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memakai Softlens Yang Benar Dan Baik Jika Anda Masih Pertama Kali Atau Pemula

Bagaimana cara memakai atau menggunakan softlens Dengan Benar dan Mudah- Saat ini banyak orang yang tertarik menggunakan softlens yang sebelumnya menggunakan kacamata. Menurut banyak orang pada suatu forum kacamata ribet untuk digunakan karena selain cukup berat dan tidak bisa bebas melihat. Softlens memang ringan tidak seperti kacamata yang bentuknya lebih besar. Namun banyak dilematika saat orang masih baru menggunakan softlen, ada yang mengeluh mata menjadi merah, panas dan penglihatan lampu menjadi berpelangi. 

Sebenarnya dalam peralihan kacamata ke softlens tidak semuanya mengalami kecocokan, ada sebagian yang matanya tidak cocok menggunakan softlens, terus apakah ada jalan keluar jika mata tidak cocok? Ada, caranya dengan berkonsultasi ke dokter mata agar anda mendapat rekomendasi softlens yang sesuai dengan tipe mata dan keadaan mata anda. 

Beberapa faktor mengapa mata menjadi merah dan panas saat menggunakan softlens khususnya untuk para pemula dan yang baru pertama kali menggunakan softlens adalah kadar air yang ada pada softlens anda, jika mata anda bertipe kering maka anda butuh softlens dengan tipe kadar airnya cukup tinggi. Untuk mentukan seberapa tingkat kadar air softlens yang anda butuhkan anda bisa berkonsultasi pada dokter atau optik tempat anda membeli softlens.

Cara menggunakan softles

Cara Menggunakan Softlens Untuk Pemula dan Yang Baru Pertamakali

Langkah ini sangat penting untuk anda ketahui jika anda masih pemula, memakai softlens dengan baik dan benar adalah keharusan agar mata tetap nyaman saat menggunakannya. Bagaimana cara menggunakannya, berikut ini saya jelaskan garis besarnya sekaligus penjabaran lengkap :

1. Tangan Dalam Keadaan Bersih
2. Letakkan salah satu Softlens pada ujung jari 
3. Lebarkan kelopak mata 
4. Berkedip Minimal 5 kali

Penjelasan mendetail dari garis besar di atas :

1. Sebelum anda berkontak atau menyentuh softlens, pastika kedua tangan dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun alalu keringkan dengan kain yang serat kainnya tidak mudah luntur atau terikut ditangan. Mengapa harus bersih ? karena untuk menghidari softlens menjadi buram dan tergores olah debu dan serat kain, lagi pula jika softlens kotor maka anda tidak akan merasa nyaman menggunakannya bukan.

Mencuci tangan sebelum memakai softlens

2. Saat tangan sudah bersih, sekarang anda ambil sebuah softlens baik yang kanan ataupun yang kiri dan letakkan pada ujung jari tangan anda. Perlu diperhatikan, jika anda ingin memasang softlens di bagian mata sebelah kanan maka anda harus meletakkan softlens di ujung jari tangan sebelah kiri dan sebaliknya, ini tujuannya aga anda lebih mudah memasang softlens pada mata anda yang kanan. Satu lagi untuk masalah ujung jari, ini terserah anda, bisa menggunakan ujung jari telunjuk, tengah ataupun jari manis sesuaikan dengan jari yang paling nyaman anda gunakan.

cara memakia softlens yang aman


3. Ketika Softlens sudah berada di ujung jari yang paling nyaman bagi anda, saatnnya ada meletakkan softlens pada mata. Ingat di langkah nomor 2, jika tangan kiri anda yang memenggang softlens maka mata yang akan di pasang softlens yang sebelak kanan. Sekarang tangan kanan anda kosong dan yang kiri ujung jarinya menempel softlens. tugas tangan kanan anda menarik kelopak mata atau bagian mata yang bawah agar permukaan mata menjadi lebih lebar sehingga softlens dapat dengan mudah di letakkan. 

Melihatlah sedikit kearah atas anda dan letakkan softlens pada sedikit kebawah bola mata anda ( bola mata yang berwarna hitam),peletakan softlens tidak harus tepat pada tengah bola mata kita, tapi di bagian agakebawah dari bola mata.

Cara memakai softlens bagi pemula



4. Setalah softlens terpasang dibawah tengah bola mata, berkediplah secara perlahan beberapa kali agar posisi softlens berada di bagian tengah bola mata. Mungkin bagi anda yang masih baru dan pemula dalam memakai softlens menjadi sebuah tantangan tersendiri apa lagi tanpa dampingan dari orang yang berpengalaman. Namun jangan khawatir karena bisa kok digunakan sendiri. Dengan mengikuti 4 langkah di atas anda sudah bisa menggunakan softlens.

Apakah setelah Anda berhasil memakai softlens tidak ada masalah lain? Jangan senang dulu, yang jadi pertanyaan saya apakah anda bisa melepas softlens yang anda pasang dengan baik? Saya tidak cukup yakin, karena itu saya akan menuliskan selengkap mungkin aritikel ini untuk anda, termasuk cara melepaskan softlens. Yuk sekarang kita bahas:

Cara Melepas Softlens Dengan Aman dan Benar

Sama halnya dengan memakai softlan, melepasnya juga ada caranya kawan, jangan asal-asalan ya, karena bisa membuat mata iritasi jika tidak hari-hati. Melepas softlens tidak sesulit dan setegang memakai di awalnya kok jadi wolles aja ya, bagini cara mencopot softlens :

1. Bersihkan tangan sebelum melepas softlens agar mata itdak kelilipan dan softlens tetap terjaga kebersihannya.
2. Menetesi mata dengan eye drope atau cairan khusus untuk mata dan softlens sebelum melpasnya. Cara ini berfungis agar softlens dapat dengan mudah dilepas, karena mata dengan kondisi yang kering akan sadikti sulit dan menyakitkan. 

Cara melepas softlens yang benar

3. Gunakan dua jari untuk melepaskan softlens dari mata anda, caranya gunakan jari telunjuj dan tengah untuk mengambil softlen di permukaan mata dengan hati-hati. Apakah harus dengan jari telunjuk dan tengah ? Anda bisa menggunakan ibu jari dan telunjuk dika anda lebih nyaman menggunakannya. 

cara melepas softlens yang aman

Memakai softlen bagi pemula memang gampang-gampang sulit ya, tapi setelah anda terbiasa akan merasa nyaman, owh ia satu lagi jika anda merasa mata tidak nyaman, pandangan buram, mata menjadi panas, perih dan kering sebaiknya softlens segera di lepas karena mengindikasikan mata tidak cocok untuk softlens yang sedang anda gunakan. Langkah terbaik dari saya anda sebaiknya berkonsultasi langsung pada pakar yang mengerti tentang softlens dan kesehatan mata untuk di rekomendasikan spesifik tentang kriteria softlens yang cocok untuk mata Anda.

Demikian pembahasan artikel cukup singkat mengenai Cara Memakai Softlens Yang Benar Dan Baik Jika Anda Masih Pertama kali, semoga bisa bermanfaat.