Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Softlens Agar Selalu Aman Dan Nyaman Digunakan

Merawat softlens agar selalu nyaman dan aman di gunakan adalah hal yang harus dilakukan oleh pengguna softlens. Softlen yang terawat akan selalu nyaman di mata dan tidak akan menimbulkan iritasi dan gangguan penglihatan lainnya. 

Cara Merawat Softlens Agar Selalu Aman Dan Nyaman Digunakan

Jangan sampai softlens yang seharusnya masih bisa di gunakanan menjadi rusak karena tidak dapat merawatnya akibatnya bila rusak dan tetap di gunakan maka mata akan terasa perih, sakit bahkan mengalami gangguan mata yang serius. 

Maka dari itu mari kita menjaga softlens agar tetap nyaman kita gunakan untuk beraktifitas sampai masa kadaluarsanya telah habis. Sehingga kita di untungkan secara ekonomis dan kesehatan mata. Berikut ini beberapa hal yang hasur di lakukan dalam merawat softlens atau lensa kotak. 

Merawat Softlens Tetap Bersih

Hal paling pertama dalam menjaga softlens tetap aman di gunakan adalah memperhatikan kebersihan softlens, baik saat penggunaan dimata dan saat penyimpanan softlens dengan solution. Cara merawat kebersihan softlens saat di gunakan adalah dengan mencuci tangan dengan sabun anti pelembab dan keringkan hingga tangan benar-benar tidak tersisa air sebelum tangan menyentuh softlens, hindari mengelap tangan dengan kain yang memiliki serat yang mudah patah agar serat kain tidak menempel pada softlens yang sensitif. 

Perhatikan Kecocokan Softlens Pada Kondisi Mata

Beberapa kasus mengalami demikian, softlens yang tidak cocok akan membuat mata menjadi perih saat di gunakana. Contoh ukuran diameter softlens yang tak sesuai dengan mata Anda akan menimbulkan sirkulasi oksigen kemata manejadi terganggu sehingga mata menjadi merah. 

Bisa juga karena kadar air softlens yang terlalu tinggi sedangkan mata Anda berkadar kering. Untuk lebih amannya sebaiknya berkonsutasi terlabih dahulu kepada dokter mata jika itu memungkinkan bagi Anda.

Memperhatikan Penggunaan Softlens

Sebelum menggunakan softlens wajib bagi Anda untuk memastikan mata dalam ke adaan baik, dan sekitar mata terbebas dari debu serta sisa kosmetik. Alangkah baiknya jika Anda mencuci muka terlebih dahulu untuk memastikan kulit di sekitar mata terbebas dari debu dan sisa kosmetik.

Selain itu perhatikan juga lama penggunaan softlens, jika mata mengalami panas, kering dan sedikit perih saat 5 jam penggunaan sebaikanya softlens di lepas terlebh dahulu dan mengistirahatkan mata selama 30 menit dan kemudian Anda dapat menggunakannya lagi.

Perhatikan juga cara melepas softlens yang benar agar softlens tidak mengalami kerusakan, untuk panduannya Anda dapat membaca postingan saya yang lain pada blog ini cara melepas softlens dengan baik. 

Merawat Softlens Dengan Membersihkannya

And dapat membaca postingan saya yang ini Cara membersihkan softlens dengan benar Namun disini akan tetap saya bahas sedikit caranya. Softlens di letakkan pada tempat yang terhindar diri debu. 

Perhatikan Kadaluarsa Softlens

Softlens yang berkualitas tinggi dan aman adalah softlens yang memiliki kadaluarsa yang singkat dari satu minggu hingga sebulan. Ketika kadaluarsanya telah habis maka softlens sebaiknya di buang karena softlens yang seperti itu sudah tidak aman.

Demikian ulasan mengenai cara merawat softlens agar selalu aman dan nyaman digunakan semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan untuk para pembaca. Mohon maaf untuk segala kekurangan artikel ini.