Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Softlens Dengan Benar dan Aman

Membersihkan Softlens adalah hal yang perlu dilakukan jika ingin terlindung dari bahaya softlens. Dengan menjaga kebersihan softlens, maka kita juga peduli untuk terus menjaga kesehatan mata kita. Apakah anda sudah mengetahui caranya?


Cara Membersihkan Softlens 



Cara membersihkan softlens dengan benar

Berikut ini beberpa hal yang harus di perhatikan dalam mebersihkan softlens adalah:

  • Mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun agar tehindar dari kotoran atau bakteri saat akan melepas softlens. Hindari penggunaan sabun yang pelembab, karena bersifat anti terhadap softlens. Setelah mencuci dengan sabun, lap kedua tangan dengan handuk yang bebas serat.
  • Membersihkan area mata dari kotoran, debu ataupun sisa kosmetik. Bersihkan segala sesuatu yang dapat mengganggu kenyamanan penggunaan lensa.
  • Lepas softlens dan bilas dengan cairan khusus untuk membersihkan lensa softlens. Ini agar memastikan bahwa kuman ataupun kotoran tidak menempel pada lensa.
  • Setelah suda bersih tempatkan soflens pada tempat yang rapat, bersih dan rendam dalam cairan Multi Purpose Solution , cairan ini berfungsi untuk membunuh mikroorganisme.
Memang dalam menggunakan softlens jika pemakainnya cukup lama semisal 1 bulan maka softlens wajib selalu di bersihkan ataupun dirawat. Karena bisa saja jamur, bakteri menempel pada lensa yang bisa saja menyebabkan mata menjadi iritasi.

Cara membersihkan softlens


Cara mensterilkan Softlens Yang Jatuh

Nah, sekarang bagaiaman jika ada kasus softlens kita jatuh ke tanah, kemudian nempel pasir atapun tanah dipermukaan lensa. Apakah masih bisa kita bersihkan? Jawabannya:

  • Hal pertama yang harus di lakukan adalah merendam softlens dengan air panas selama 3 jam
  • Setelah langkah pertama selesai , langkah berikutnya adalah langsung merendam softlens tadi dengan cairan softlens selama 1 hari
Setelah langkah di atas sudah anda jalani, cobalah gunakan softlens itu dan apa bila terasa perih dan ada yang menjanggal sebaiknya di lepas dan dibuang karena softlens sudah rusak total. Jika tidak perih dan terasa nyaman silahkan untuk tetap di gunakan seperti biasa.

Demikian beberapa cara membersihkan softlens semoga informasi ini dapat membantu anda yang ingin membersihkan softlens. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika anda suka dengan artikel ini tolong di share dan di like ya.. :-)