Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kacamata Miring Sebelah, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Kacamata miring sebelah bisa disebabkan kebiasaan melepas kacamata dengan satu tangan saja, bisa juga karena tertekan saat diletakkan atau karena terjatuh sehingga frame kacamata yang tidak kuat menahan tekanan/beban akan menjadi bengkok dan mengakibatkan kemiringan pada salah satu sisi kacamata. 

Kacamata yang bengkok dan miring dapat mengakibatkan posisi lensa kacamata tidak pas pada posisinya sehingga dapat mengganggu penglihatan karena titik fokus akan berbeda, selain itu kacamata yang miring membuat penampilan Anda menjadi kurang sempurna.

Jika Anda mengalami kacamata yang miring sebelah karena masalah diatas ada baiknya jika segera memperbaiknya sendiri atau datang ke ahlinya di toko optik terdekat. Resiko jika Anda mencoba memperbaikinya secara mandiri tanpa ilmu dan ke ahlian maka dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. 

Namun jika Anda ingin meminimalkan kemungkinan rusak jika diperbaiki sendiri ada baiknya menyerahkan masalah kacamata Anda yang miring sebelah kepada orang yang ahli dibidangnya yaitu di Optik terdekat dengan mengeluarkan sedikit biaya. 

Optik biasanya memiliki alat yang cukup untuk memperbaiki frame yang bengkok atau kerusakan lainnya yang menyebabkan kacamata miring sebelah. Dengan alat yang memadai kacamata Anda akan kembali normal seperti semula. 

Berapa Biaya Jika Memperbaiki Kacamata Miring di Optik?

Optik biasanya memberikan garansi kepada pelanggannya ketika membeli kacamata, Anda dapat mendatangi optik tempat Anda membeli kacamata untuk memperbaiki kacamata Anda yang miring sebelah, biasanya gratis jika masuk dalam paket garansi. Beberapa optik besar di Indonesia biasanya melayani perbaikan kacamata yang miring sebelah tanpa biaya. 

Karena tidak semua optik memberikan layanan perbaikan secara gratis, ada baiknya Anda datang saja ke toko optik terdekat lalu sampaikan masalah yang Anda alami tentang kacamata yang tidak simetris dan jangan lupa menanyakan biaya perbaikan. 

Kalimatnya bisa menggunakan contoh berikut ini " Kak kacamata saya bengkok atau miring sebelah, kira-kira disini bisa memperbaikinya atau tidak?, Terus kira-kira kalau bisa biayanya berapa ya?" kemungkinan mereka akan mengecek kondisi kacamata miring Anda, sebelum memberikan taksiran biaya perbaikan yang harus Anda bayar ketika kacamata selesai diperbaiki.

Jangan sungkan untuk bertanya, jika nominal uang yang Anda bawa kurang, bilang saja "Maaf kak, uangnya masih kurang, nanti kalau sudah ada saya kesini lagi" Namun jika uang Anda cukup, silahkan apakah mau diperbaiki disitu atau mau coba di tempat lain untuk membandingkan harga.

Estimasi biaya memperbaiki kacamata miring di optik Rp 25.000 hingga Rp 100.000 tergantung tingkat kerusakan.  

Cara Memperbaiki Kacamata Yang Miring Sebelah

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa jika mencoba memperbaiki kacamata yang miring secara mandiri Anda kan memiliki resiko merusak kacamata Anda. Namun bila Anda ingin mencobanya maka bisa menggunakan cara berikut ini, ingat lakukan secara hati-hati : 

Kacamata miring sebelah
Salah satu cara melihat apakah kacamata kita miring sebelah atau tidak


Untuk mengatasi kacamata yang miring saat digunakan, pertama-tama pegang bagian engsel kacamata dengan dua tangan. Identifikasi tangkai mana yang miring ke atas, misalnya tangkai kiri. 

Lalu, dengan memegang kedua titik engsel tangkai kacamata, sedikit memuntir kacamata untuk mengatasi tangkai yang miring. Lakukan gerakan ini beberapa kali hingga tangkai menjadi sejajar dengan tangkai di seberangnya. 

Jika sudah dirasa sejajar maka cobalah menggunakan kacamata Anda, dan perkirakan apakah kacamata sudah tidak miring, namun jika masih belum sejajar, bisa mengulangi sedikit memuntir kacamata hingga sesuai, pastikan untuk melakukan tindakan ini dengan hati-hati agar tidak memuntir bridge-nya dan memperburuk masalah.

Tips Agar Kacamata Tidak Miring

Mencegah lebih baik dari pada memperbaiki, setelah mengetahui beberapa penyebab kacamata miring satu sisi berikut ini tips agar kacamata tidak miring sebelah.

Pertama gunakan dua tangan untuk melepas kacamata, hal ini menghindari frame kacamata mengalami pemuntiran secara perlahan pada salah satu sisi bila menggunakan satu tangan, bila terjadi terus menerus secara berulang maka dapat mengakibatkan tangkai frame menjadi tidak simetris sehingga kacamata akan miring saat digunakan. Oleh sebab itu biasakan melepas kacamata dengan dua tangan. 

Kedua selalu letakkan kacamata ditempat yang aman, salah satu penyebab kacamata miring sebelah adalah karena tertindih atau tergencet saat tidur atau duduk, ini umum terjadi pada kacamata yang dilekatkkan sembarangan, oleh karena itu selalu letakkan kacamata Anda di kotak kacamata atau tempat yang aman saat tidak digunakan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kacamata miring sebelah dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kebiasaan memegang kacamata dengan satu tangan saja, tekanan saat diletakkan atau jatuh. Hal ini bisa menganggu penglihatan dan penampilan. Solusi terbaik adalah memperbaikinya di toko optik terdekat dengan memastikan biaya perbaikan dan menanyakan garansi dari optik tersebut. Namun, jika ingin memperbaikinya secara mandiri harap melakukannya dengan hati-hati. Mari jaga dan merawat kacamata kita agar selalu dalam kondisi baik dan membuat kita lebih nyaman, semoga bermanfaat.